Dalam hal perijinan bangunan, sertifikat laik fungsi adalah salah satu sertifikat atau perijinan yang didapatkan untuk suatu bangunan yang sudah selesai dibangun. Fungsi dari sertifikat ini adalah untuk menyatakan bahwa kondisi atau status bangunan tersebut sepenuhnya layak untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis. Selain itu, fokus dari sertifikat ini bukan sekedar perijinan tentang pembangunan gedung saja, tapi fokus dari sertifikat ini adalah dalam hal teknis terkait kelayakan bangunan tersebut untuk fungsi bisnis tertentu. Karena hal inilah, kemudian sertifikat ini menjadi penting. Bahkan, suatu usaha bisa disebut ilegal bila belum memiliki sertifikat ini.

Memang benar bahwa sertifikat ini berkaitan langsung dengan status legalitas suatu usaha. Ini merupakan salah satu syarat utama dalam menjalankan suatu usaha. Sertifikat ini tidak hanya ditujukan pada suatu bangunan yang ditujukan sebagai kantor, tapi pabrik serta ruang penyimpanan atau gudang pun termasuk di dalamnya. Bahkan, rumah sakit pun juga perlu memiliki sertifikat ini. Karena ini berkaitan dengan aspek legalitas, tentu ada dasar hukum yang mengatur sertifikasi ini, dan ini mengacu pada Peraturan Nomor 19 tahun 2018 terkait Penyelenggaraan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Dalam peraturan ini, ada IMB serta sertifikat ini. Keduanya memang memegang peranan penting dalam perijinan suatu pendirian bangunan.

Dalam proses penerbitan sertifikat ini, ada beberapa tahapan dan prosedur yang harus dilalui. Ini perlu dilakukan begitu bangunan sudah selesai masa konstruksinya dan siap digunakan. Namun, karena adanya tahapan dan proses yang cukup beragam, ini menjadi suatu tantangan dan bahkan kesulitan bagi banyak pengusaha dan perusahaan. Oleh karena itulah, sangat disarankan untuk menggunakan jasa konsultasi. Dalam hal ini, Eticon bisa dijadikan pilihan tepat untuk membantu para pengusaha dalam mengurus sertifikasi SLF ini. Tentunya, perusahaan konsultan ini mampu memberikan layanan yang sepenuhnya berkualitas. Eticon sudah cukup berpengalaman dalam membantu dan memfasilitasi berbagai perusahaan lokal hingga nasional dalam penerbitan SLF ini. Jam terbang pun sudah cukup tinggi, dan hal ini tidak perlu diragukan sama sekali. Bahkan, perusahaan ini memiliki tim profesional yang sudah tersertifikasi, sehingga semua proses konsultasi hingga uji teknis bangunan bisa dilakukan dengan sangat baik.