Salah satu produk kawat seling baja IWRC adalah tipe 6×36. Yang mana tipe dari pemakaian pada wire rope sejauh ini memang ditentukan dari kegunaan di lapangan, jumlah pilinan/plintiran danhelai kawat pada sistem pembuatannya. Jenis tipe kawat seling ini terdiri dari 6 strand dan pada tiap strand terdiri sabanyak 36 wire.

Dan pada bagian inti wire rope 6×36 atau pada sisi tengahnya akan diselipkan IWRC (Independent Wire Rope Core) atau banyak dikenal dengan full baja. Sejauh ini sejumlah kawat yang sudah dipasarkan di kawasan Indonesia memang berasal dari distributor dari Inggris, Jepang, RRT, Austria dan Korea.

Fungsi dari wire roper IWRC 6×36 memang sangat beragam menyesuaikan kebutuhan user kawat seling. Namun kebanyakan ukuran seling ini memang dipakai sebagai general enginering pada aplikasi lifting, crane dan hoist. Kebutuhan yang digunakan sebagai penarik beban berat ini sangat cocok dengan ukuran seling IWRC 6×36 karena breaking loadnya yang besar.

Bahan, Ukuran dan Kelebihan Kawat Seling Baja IWRC 6×36

Jika dilihat dari bahannya, kawat seling baja IWRC 6×36 terdiri dari 2 jenis. Pada pilinan kawat biasanya terdiri dari bahan dengan lapisan zinc atau galvanis. Meski memiliki kekuatan yang super, bahan yang sangat mudah berkarat menjadi salah satu kekurangan seling jenis ini. Sehingga jika dibandingkan dengan seling yang ungalvanis, harga seling IWRC berbahan galvanis memang relatif lebih mahal.

Mengenai ukuran yang bisa digunakan, user kawat seling IWRC memang harus menyesuaikan besaran kebutuhan yang akan di pakai pada media aplikasinya. Biasanya di distributor seling IWRC menyediakan ukuran dari 6 mm hingga 50 mm.

Kawat seling ukuran 6×36 IWRC tentu saja memiliki kelebihan dibandingkan tipe lainnya. Mengingat dari segi kegunaan jenis seling ini memang bisa diaplikasikan lebih banyak karena memiliki sifat general purpose. Kondisi umum dan standard bisa memanfaatkan seling IWRC tinggal bagaimana user kawat menentukan ukurannya.

Sifat fleksibel, tidak kaku dan tekstur yang lebih menyesuaikan kebutuhan inilah yang memberikan keleluasaan user kawat bisa memilih kawat seling baja IWRC sebagai salah satu pilihan tepat. Namun harga yang ditawarkan memang lebih mahal jika dibandingkan dengan ukuran 3×37 IWRC. Sejauh ini dua tipe seling ini memang sudah banyak di aplikasikan pada sejumlah crane, bentangan, penahan beban di area industri di kawasan tanah air.