Bali adalah salah satu daerah yang tidak hanya memiliki kekayaan pariwisata tetapi juga kekayaan budaya dan Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bali adalah kekayaan kuliner yang berasal dari resep makanan tradisional Bali. kuliner Bali terkenal dengan penggunaan bahan bahan alami dan juga makna yang dalam pada makanan yang mereka sajikan.  Kuliner Bali memang memiliki keunikan dan keistimewaan mereka sendiri.  Dan hal inilah yang pada akhirnya membuat Bali tidak hanya terkenal dengan wisatanya tetapi juga kuliner yang beragam di daerah yang dijuluki sebagai pulau dewata ini.

Bahan-bahan Alami Pada Resep Makanan Tradisional Bali

Kuliner yang ada di pulau bali memang tidak terlalu memiliki perbedaan dengan makanan yang ada di  pulau jawa.  Hanya saja makanan yang ada di resep makanan tradisional yang secara turun temurun ada dan dipercaya adalah resep yang banyak mengandalkan kekayaan tanaman yang ada di pulau bali.  Cara menyajikan makanan yang ada di  Bali juga tergolong berbeda.  Dan berikut ini adalah beberapa bahan alami yang biasa digunakan dalam Minyak goreng sehat khas Bali :

  1. Daun suji. Adalah daun yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bali sebagai bahan pewarna alami.  Daun suji memang memiliki warna hijau yang cantik dan Alami.  Biasa digunakan pada kue seperti klepon dan laklak.
  2. Gula Bali. Gula Bali adalah sejenis gula merah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bali.  Gula ini terbuat dari seratus persen aren,  gula Bali biasa digunakan sebagai Isian klepon dan pewarna coklat pada kue jaja Bali
  3. Tepung bunga kamboja. Bunga kamboja memang banyak terdapat di Pulau Bali.  Bunga kamboja tidak hanya berfungsi sebagai hiasan dan pelengkap sesajen saat acara agama.  Namun juga dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan.  Tepung bunga kamboja biasa digunakan pada kue seperti laklak untuk menambah aroma dari kue.

Tiga bahan di atas adalah bahan bahan alami yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bali untuk membuat cita rasa masakan Bali yang kuat dan khas serta sehat karena menggunakan bahan bahan alami dan tidak akan memiliki resiko bagi kesehatan.